Home » » Fenomena Alam Aurora

Fenomena Alam Aurora

Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis , yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.


Aurora (jamak: aurora atau aurora, dari kata Latin aurora, "matahari terbit") adalah tampilan cahaya alami di langit terutama di wilayah yang mempunyai garis lintang tinggi seperti di Kutub Utara dan Antartika, yang disebabkan oleh tumbukan partikel bermuatan energik dengan atom dalam suasana ketinggian tinggi (termosfer). Muatan Partikel berasal dari angin dan matahari serta magnetosfer, di Bumi, yang diarahkan oleh medan magnet bumi ke atmosfer. Selama badai geomagnetik, zona aurora meluas ke daerah yang memiliki garis lintang yang lebih rendah.
Aurora diklasifikasikan sebagai difus atau diskrit. Aurora difus adalah cahaya berfitur pada langit yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang, bahkan pada malam yang gelap. Ini mendefinisikan luasnya zona aurora. Diskrit aurora yang tajam didefinisikan sebuah fitur dalam aurora difus yang bervariasi dalam kecerahan dari hanya nyaris tak terlihat dengan mata telanjang sehingga cukup terang untuk membaca koran pada malam hari. Aurora diskrit biasanya hanya terlihat di langit malam, karena mereka tidak seterang langit yang diterangi matahari. Aurora kadang-kadang terjadi diluar kutub dari zona aurora, yang umumnya tidak terlihat dengan mata telanjang.

0 comments:

Post a Comment