Home » , » Belajar Astronomi

Belajar Astronomi


Menurut beberapa ahli Ilmu astronomi atau ilmu falak (perbintangan) sebuah ilmu yang meliputi pengamatan benda - benda langit serta fenomena alam yang terjadi diluar atmosfer bumi, Ilmu dasar astronomi ini secara umum mempelajari berbagai sisi dari benda - benda langit seperti asal usul , letak , struktur , komponen , garis edar , dan sebagainya dari benda - benda yang ada diangkasa.

Sebagai suatu ilmu astronomi terbagi menjadi beberapa macam atau cabang yang spesifik didalamnya, beberapa cabang ilmu tersebut antara lain adalah :

 A stronomi Surya

Cabang ilmu astronomi surya ini membahas tentang matahari, baik komposisi, sifat fisik, dan lain sebagainya. Matahari merupakan bintang terdekat dari bumi pada sekitar 8 menit cahaya. Dan yang paling sering diteliti, matahri merupakan bintang katai pada deret utama dengan klasifikasi G2 V. Usia bintang besar ini diperkirakan sekitar 4,6 milyar tahun lebih.

Ilmu Keplanetan

Ilmu keplanetan merupakan salah satu cabang ilmu astronomi yang meneliti tentang susunan planet, bulan, planet katai, komet, asteroid, serta benda-benda langit lain yang mengelilingi bintang, terutama Matahari. Meskipun mempelajari mengenai susunan planet dan juga tata surya, cabang ilmu astrobomi ini juga meliputi planet-planet luar surya.

Astronomi Bintang

Untuk memahami alam semesta, penelitian atas bintang-bintang dabn bagaimana mereka berevolusi sangatlah bersifat fundamental. Astrofisika yang berkenaan dengan bintang itu sendir bisa diketahui melalui pengamatan segi teoritis dan juga simulasi komputer yang saat ini semakin berkembang.

Astronomi Galaxi

Salah satu cabang ilmu astronomi selanjutnya adalah astronomi galaxi. Astronomi galaxi ini membahas mengenai alam semesta. Sama halnya dengan ilmu astronomi bintang, astronomi galaxi ini juga mempelajari berbagai hal yang terjadi dan menjadi fenomena di alam semesta khususnya galaxi-galaxi yang sangat fundamental.

Astronomi Ekstragalaxi

Astronomi ekstragalaksi merupakan cangan ilmu astronomi yang mempelajari formasi dan evolusi galaksi-galaksi, morfologi, dan klasifikasi hal-hal yang berhubungan dengan galaksi di alam semesta ini. Benda-benda yang berada di liuar galaksi juga dibahas dalam cabang ilmu astronomi yang satu ini. Hal tersebut terutama yang belakangan ini diperbincangkan dan dinilai sangat penting untuk memahami struktur alam semesta dalam skala yang besar.

Kosmologi

Kosmologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kosmos yang berari dunia. kemudian kata tersebut diberi akhiran logia dari kata logos yang berarti pembelajaran. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kosmologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari alam semesta secara keseluruhan dengan penelitian dan pembahasan teori-teori yang ada.

Cabang ilmu kosmologi ini pada umumnya terbagi berdasarkan pengamatan alam semesta yang dilakukan dengan skala besar. Cabang ilmu kosmologi yang melakukan pengamatan alam semesta dalam skala besar ini adalah cabang yang dikenal sebagai kosmologi fisik.

Dari cabang ilmu astronomi yang satu ini, kosmologi tekah menyumbangkan pemahaman yang mendalam mengenai formasi dan evolusi jagat raya yang ada. Salah satu teori dari pengamatan kosmologi ini adalah teori Dentuman Besar atau yang lebih dikenal dengan sebutan teori Big Bang. Teori Big Bang ini menyatakan bahwa bumi berasal dari satu titik dan mengembang selama 13,7 milyar tahun hingga pada masa saat ini.

0 comments:

Post a Comment