Home » , , » Meteor Memang Ancam Bumi

Meteor Memang Ancam Bumi

Meteor Memang Mengancam Bumi

Puluhan meteor yang melayang-layang di sekeliling Bumi bukanlah sebuah khayalan bahkan sedari dulu banyak sekali meteor yang mengancam bumi, dan memang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata'ala untuk sebagai ancaman bagi Jin dan Manusia Durhaka.

Jangan khawatir. Meski akan berdampak terhadap kehidupan manusia, Bumi takkan kiamat karena itu. Begitu memasuki atmosfer Bumi, meteor-meteor itu akan terbakar.

Richard Worsfold, Manajer Proyek di CRESTech, suatu lembaga riset di Toronto, Kanada, yang didanai pemerintah untuk mengamati meteor, sudah berencana untuk mengamati fenomena ini dari kawasan Australia utara dan Gurun Gobi di Mongolia.

Ia berharap, para operator satelit bersedia membayar timnya paling tidak 50.000 dollar AS, untuk mendapatkan data terbaru posisi dan arah meteor ini setiap 15 menit. Kecepatan meteor itu rata-rata 248.000 km / jam. Bisa dibayangkan bila meteor-meteor ini menabrak satelit yang bertaburan di seputar Bumi.

"Tak seorang pun tahu pasti apa yang akan terjadi. Karena itu, ongkos 50.000 dollar untuk mendapat data yang benar dan detail, cukup layak,"katanya.

Ia telah mempersiapkan radar berkekuatan tinggi dan electro-optical video. Persis yang digunakan CNN waktu meliput Perang Teluk. Informasi yang didapat akan diolah, kemudian ditransmisikan lewat Internet menuju London, kemudian Ontario, baru dikirim ke pelanggan.

Badai Leonid, kini sudah jadi topik hangat di Amerika. Aerospace Center for Orbital and Reentry Debris Study, menyelenggarakan konferensi mengenai ancaman badai Leonit terhadap satelit. "Setiap satelit paling tidakakan tersembur pasir badai ini, yang memungkinkan kerusakan pada beberapa satelit," papar William Ailor, direktur lembaga ini.

Satelit Galaxy IV milik PanAmSat Corp, baru-baru ini juga mengalami gangguan sirkuit. Akibatnya komunikasi pager, radio, dan televisi kawasan Amerika lumpuh beberapa waktu. Meski gangguan itu diketahui bukan karena meteor, paling tidak begitulah kira-kira dampak hantaman meteor ke satelit. Tahun 1993, tercatat satelit Olympus milik Badan Antariksa Eropa pernah kena hujan meteor Perseid. Satelit ini memang berhasil diselamatkan, tetapi kemudian terbukti Olympus terpaksa menghabiskan banyak bahan bakar untuk bertahan di orbitnya.

0 comments:

Post a Comment